Tips Membeli Komputer Rakitan untuk Entry Level

2016.01.22

Ini merupakan summary dari overview PC Rakitan yang sedang dalam progress penulisan, dan di sini rekomendasi yang diberikan adalah untuk entry level. Entry level disini maksudnya bukan yang super murah, tapi yang ideal untuk dipakai buat user yang pengen punya komputer yang decent dari segi performa dan biaya.
FYI laptop sekarang harganya cuma 3 jutaan, jadi kalo memang mau punya komputer yang murah, saya lebih merekomendasikan untuk membeli laptop aja. Malah tablet dengan OS Windows harganya dibawah 2 juta lho.
Komponen utama komputer rakitan setidaknya terdiri dari:
1. Motherboard
Tempat ngumpulnya semua komponen lain. Harga motherboard cukup variatif dari 500ribu hingga diatas 5 juta. Bedanya? panjang kalo diceritakan tapi satu yang pasti, harga ga boong. Saran saya untuk entry level beli mobo di rentang 1jutaan saja. Saat ini untuk entry rekomendasi saya bisa pakai vendor ASRock. (Bukan sponsor nih, tapi memang kenyataannya harga dan kualitasnya cocok)
Recommendation:
AMD AM3+: ASRock 970 Pro3 R2.0
AMD FM2+: ASRock FM2A88M-DG3+
Intel LGA1151: ASRock H110M-HDV
Intel LGA1150: ASRock H81M-HDS

2. Prosesor (CPU)
CPU diibaratkan otak yang terbuat dari silikon. Otak ini juga dihargai dengan harga beragam dari 500 ribu sampai belasan juta. Untuk entry level, ya tentunya kelasnya juga entry dong. hehe.. Sama seperti motherboard, saran saya cari yang di rentang 1jutaan saja.
AMD AM3+:FX-6300
AMD FM2+: A8-7600
Intel LGA1151: Pentium G4400
Intel LGA1150: Pentium G3240

3. Memory (RAM)
Harga RAM sudah mulai turun dan mungkin akan stagnan lagi, khususnya untuk DDR3. DDR4 juga sudah mulai murah dan mengimbangi DDR3. Saran saya beli RAM 4GB saja sudah cukup. tapi kalo ada spending lebih silakan naik ke 8GB.
DDR3: Team Elite Plus PC15000 4GB
DDR4: Team Elite Plus PC19200 4GB

4. Power Supply Unit (PSU)
PSU ini harganya lumayan mahal, kenapa? karena memang tanpa ini komputer udah dipastikan ga akan nyala. Untuk berhemat tentunya mending pake PSU casing saja, apalagi untuk entry level. Karena PSU 450 Watt yang berkualitas memang mahal, mencapai 500ribu. Padahal case komputer dengan PSU nya aja harganya mungkin hanya separuh dari itu.
Bottom line: pakai PSU bawaan saja 🙂

5. Hard Drives
Hard drive jaman sekarang ya tentunya SSD dong. Memang harganya masih aja mahal ketimbang HDD. Salah satu faktor utama yang gw suka dari SSD adalah no moving parts, alias ga akan ditemuin tuh SSD bunyi kletek2 seperti halnya HDD. Di rumah ada lebih dari 4 HDD gw yang udah rusak, setidaknya sampe sekarang SSD gw belum pernah ada yang rusak. Memang size nya limited tapi menurut gw sebenarnya 200GB itu udah mencukupi kok, jadi anggarkan aja 1 jutaan ya. Rekomendasi saya pakai 2 merek dibawah yang memang sudah teruji di kelas nya.
SSD: Sandisk Ultra-II 240GB/Samsung SSD 850 EVO 250GB

Komponen pendukung yang bersifat opsional (komputer sudah dapat berjalan tanpa komponen ini):
6. Graphic Card (GPU)
CPU saat ini umumnya sudah terintegrasi dengan Graphic Accelerator, meski demikian kita juga dapat menambahkan graphic card tambahan ke dalam motherboard. Ada pertimbangan khusus dalam membeli graphic card, yakni jika memang ingin membeli, setidaknya beli graphic card diatas Rp. 700.000. Kenapa? karena signifikansi graphic card dibawah harga itu sangat minim, bahkan sebagian lebih rendah dari performa graphic accelerator bawaan. Budget kisaran 1 jutaan juga ya.
AMD: Powercolor Radeon HD7730 2GB DDR3

NVIDIA: Zotac Geforce GTX 750 Ti 2GB DDR5

7. Case
Bukannya case ini wajib ya? sebenarnya tidak, karena untuk menghidupkan komputer bisa dengan menghubungkan pin power nya menggunakan obeng.
Untuk entry level dengan budget terbatas, dapat berhemat dengan membeli case yang sudah ada PSU nya. Mitos nya menggunakan PSU bawaan membuat komputer cepat rusak, tapi hal ini tidaklah benar, banyak build saya yang fine-fine saja hingga saat ini, bahkan dengan GTX 750 Ti sekalipun.
Cari casing di rentang 300riban.

8. Monitor
Komponen output untuk memanjakan mata. Harga monitor LED kian tahun kian murah. Saya lebih prefer menggunakan LED TV karena harganya sudah relatif murah, dan sudah ada speaker nya via HDMI, walaupun teman saya komplain soal gamut, refresh rate, etc.
Desk job: LED Monitor 19″ 1jutaan
HTPC: TV LED 24 1.5jutaan

9. Keyboard dan Mouse
Dua komponen input yang tidak terpisahkan. Keyboard dan mouse standar sudah cukup bagi saya, Sepertinya PS/2 sudah jarang digunakan padahal sayang untuk port USB yang limited.
Logitech MK100

10. Speaker dan Microphone
Audio input dan output. Saya udah ga terlalu mengikuti perkembangannya karena pakai monitor yang sudah ada speaker dan laptop yang udah ada mic nya. Tapi kalo memang mau beli speaker ya tentunya saran saya beli yang ada subwoofer nya atau 2.1.
Cari di rentang 300 ribuan.

Total Cost nya? bervariasi dari 4.5-7.5 juta.
Kok entry level mahal? Ya selama parts komputer masih pake dolar ya terima nasib aja, secara kurs USD dari 4 tahun terakhir aja dolar naik dari 9000 jadi 14000, jadi harap dimaklumi, bahkan sebagian parts mobo & CPU AM3+ dan HDD bukannya turun malah naik dibanding 4 tahun lalu saking tingginya kenaikan USD terhadap IDR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*